Saint Seiya the Lost Canvas Final Impression : It’s not the End

Akhirnya setelah 223 Chapter Tamat juga salah series dari salah satu franchise terbaik ini. Jadi ingat dulu pertama tau soal manga ini saat akhri akhir albafica dan tentu saja baca arc albafica yang heroic itu langsung menjadikannya ke must read listku. Dan dulu sedikit banget group yang scanlation ini hikss dulu sampai aku one man army ikut scanlate manga ini walaupun cuma albafica arc doank. Sekarang sih sudah lumayan banyak scanlationnya dan group yang paling gila ngejar ini adalah mako-scans dan akhirnya membuat grup grup lain bangkit melanjutkan perjuangan mereka. Terima Kasih Mako-scans, SSA dan group scanlator lainnya yang mengescan manga ini. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk pensupply RAW seperti Trevor dan lain lain.



Yah dan endingnya bikin aku sedikit kesal tapi juga gembira. Soal Tenma, Sasha & Alone yang tak kembali setelah melawan Hades dan sepertinya pada MIA sih udah isa diprediksi dari awal dan gak ada yang mengejutkan aku. Tapi yang bikin aku marah dan seluruh saint seiya fans adalah kita kena troll tentang 2 survivor dari holy war kali ini. Seharusnya berdasarkan manga original survivor holy war ini cuma dohko dan shion aja, tapi beberapa bronze dan silver lain juga selamat.

Yah mereka dibilang gak selamat oleh Kurumada soalnya gak kembali ke sanctuary, lolz tapi mereka tersebar di berbagai belahan eropa lainnya. Tapi ada juga yang susah payah kembali seperti Tenio, kalau lupa dia adalah muridnya Taurus Rasgardo. Yah dan sepertinya dia membantu Shion membangun ulang Sanctuary. Sementara Yuzuriha & Yato serta beberapa saint lainnya terdampar di tibet dan memutuskan menetap disana, para fans Yuzuriha X Yato pasti senang nih karena Couple yang satu ini akhirnya bersama selama lamanya. Dan akhirnya manga ini ditutup Dohko pulang ke kampung halamannya dan ada bayangan Para Saint di masa depan.

Walau di holy war kali ini hampir semua gold saint berada di pihak athena tapi tetap aja gak bisa menang dengan mulus. Tapi semua gold saint di era ini benar benar badass dan bisa dibilang gak ada evil gold saint seperti di original ada Aphrodite dan Deathmask. Biasanya Taurus yang oleh Kurumada dibuat jadi Gold Saint paling gak berguna disini keren banget, Taurus Rasgardo bisa adalah 3 Gold Saint terkuat bersama dengan Apros dan Sisyphus. Pisces Albafica dan Cancer Manigoldo juga sama benar heroic, tapi pertempuran favoritku adalah Kardia VS Rhadamantys yang benar benar luar biasa epic. Disini gak ada Gold Saint yang gak berguna bahkan Pope dan adiknya aja ikut bertempur dengan GARnya.

Selain itu di sisi specter juga gak kalah menarik, Background Story Kagaho yang seperti sudah kita duga dari awal adalah masa lalu dari Phoenix Ikki, dan saat menjelang kematiannya berjanji di masa depan akan menjaga alone. Apalagi kisah cinta Suikyo/Aiacos juga gak kalah seru. Yah tapi yang paling gila adalah Sang Immortal Wyvern Rhadamantys sama seperti di Original, Rhadamantys di LC ini benar benar sangat susah dikalahkan. Benar benar Specter terkuat bisa bertahan menahan athena exclamation dan walaupun jantungnya sudah dibakar kardia masih tetap bisa kembali ke hades. Dan Rhadmantys disini pertama kali liat gak pakai helmnya kaget banget aku benar benar luar biasa bishie.

Yah walaupun manga ini sudah berakhir jangan bersedih karena Kurumada akan membuat manga baru saint seiya yang menceritakan para kisah gold saint yang akan dimulai pada mei ini. Aku sih cuma berharap manga gak jadi episode G aja dimana Gold Saintnya menjadi godlike. aku cuma ingin manga ini menceritakan kisah kisah daily life para gold saint khususnya albafica aku penasaran.
2 Responses
  1. Unknown Says:

    El Cid juga keren...


  2. ada link manga subtitle indonesia sampe tamat gan?
    pening dari dlu nyari kaga nemu-nemu